Thursday 3 October 2013

Mendaki Wat Arun

Dari sekian banyak kuil di Bangkok, salah satu kuil Buddha tercantik menurut saya adalah Wat Arun Rajwararam (Wat Arun) yang dikenal juga sebagai The Temple of Dawn. Kalau naik kapal penumpang Chao Phraya River Express seharga THB 40 per orang dari stasiun Saphan Taksin menuju Grand Palace, lokasi kuil ini ada di sebelah kiri sungai Chao Phraya. Turun di Tha Tien Pier, pengunjung biasanya berjalan keluar untuk menuju Grand Palace dan Wat Pho, sementara kalau mau ke Wat Arun, ambil kapal lain untuk menyeberangi sungai seharga THB 3 per orang.

Nama Wat Arun berasal dari Aruna, Dewa Fajar dalam mitologi India, dan arsitekturnya merupakan representasi gunung Meru, yaitu pusat dunia dalam kosmologi Buddha. Dibanding Wat Phra Kaew/Grand Palace atau Wat Pho, menikmati Wat Arun memang butuh sedikit perjuangan karena harus menaiki anak tangga yang lumayan curam dan sempit. Setelah membayar tiket masuk seharga THB 50 per orang, pengunjung bisa langsung menuju bangunan utama atau berfoto dengan pakaian khas Thailand yang disewakan dengan harga THB 200 di beberapa kios di dalam kompleks kuil.

Yang unik dari kuil ini, selain anak tangganya yang sangat curam, juga bangunannya yang indah dihiasi keramik berwarna-warni yang cantik. Selain itu, kompleksnya juga relatif kecil sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan dan berfoto di lingkungan Wat Arun sepuas-puasnya. Salah satu tempat yang strategis untuk menikmati Wat Arun menjelang matahari terbenam adalah dari sebuah cafe bernama The Deck yang terletak di seberang sungai Chao Phraya. Jangan tertipu dengan foto-foto disini, karena fotografernya amatiran. Aslinya, Wat Arun jauh lebih cantik dan menarik :).

Informasi lengkap mengenai Wat Arun dapat dilihat disini.

2 comments:

  1. pungky, pas pertama aku ke BKK kan jalan ke semua candi tuh. aku ampe ngerasa mabok candi hahaha. kalo kayak kamu gini enak ya, bisa dicicil ke candi2nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi..kalau dikunjungi sekaligus emang jadi gak keliatan bagusnya ya Non? semuanya tampak sama. Wuih, kunjungan pertama udah keliling semua candi? Canggih! Saya mah baru di Grand Palace aja udah mabok dan bosen, kegedean soalnya :D..

      Delete