Sunday 18 May 2014

Pisang Molen Keju yang Super Gampang

Belakangan ini entah kenapa, saya lagi senang mencoba resep baru, termasuk bayangan pisang molen khas Bandung yang tiba-tiba menari-nari di depan mata. Setelah mengetik kata kunci di Google, dapatlah resep dari Mbak Maya Rahayu di blognya plus langkah-langkah pembuatan pisang molen dan sepertinya terlihat gampang, ini yang paling penting, hehehe... Eh, setelah dicoba, ternyata memang benar-benar gampang dan cepat. Terima kasih pada mbak Maya di ujung dunia sana buat resepnya *sok kenal :D*

Berikut resep asli dari mbak Maya yang saya modifikasi sedikit sesuai selera :)

Bahan:

1 kotak puff pastry ( Saya pakai merek Pampas) 
1 kotak keju cheddar (Saya pakai merek Kraft atau Bega)
1 botol meises (Kalau mau buat pisang molen coklat)
1 butir telur kuningnya saja ( kocok lepas campur dengan minyak goreng sedikit) 
1 sisir pisang kepok/pisang raja (Sampai sekarang saya gak tau pisang kepok itu seperti apa :p, jadi saya pakai pisang Namwa yang serupa dengan pisang raja kalau di Indo)

Cara membuat : 

1. Pisang dikukus hingga matang kemudian dibagi empat. 

2. Kalau di resep mbak Maya, ukuran pastry-nya berbeda jadi satu lembar dibagi dua, sementara kalau saya, satu lembar Puff Pastry saya potong jadi enam. 
Ini puff pastry yang saya pakai
3. Potong keju cheddar panjang seperti stick.

4. Olesi loyang dengan butter bawah dan sisinya lalu alasi dengan kertas roti (Saya pakai loyang untuk membuat bolu gulung).

5. Ambil 1 lembar puff pastry lalu susun potongan pisang diapit keju cheddar lalu taburi dengan 1/2 sendok teh gula pasir kemudian dilipat seperti amplop.
Susunan pisang dan keju didalam lipatan bisa dilihat di resep asli
6. Susun molen dalam loyang lalu olesi molen dengan kuning telur dan taburi keju parut diatasnya. 
Molen yang siap diolesi kuning telur dan ditaburi keju parut
7. Panaskan oven dengan suhu 395 F (200 celcius) lalu masukkan loyang ke dalam oven, biarkan sampai kuning kecoklatan dan matang, setelah itu angkat simpan dalam rak kue biarkan sampai dingin, pisang molen keju siap untuk disajikan.
Ini penampakan si molen keju, mohon abaikan tampilannya, yang jelas rasanya enaaakkk :)
Percobaan pertama saya pakai puff pastry tapi karena rasanya belum pas di lidah, saya melakukan percobaan kedua dengan menggunakan shortcrust pastry yang mengandung gula. Percobaan kedua belum juga memuaskan, akhirnya iseng coba-coba menggunakan puff pastry sesuai resep asli dan menaburkan gula di atas susunan pisang dan keju sehingga dapat juga cita rasa asin manis yang diinginkan. Menurut selera pencicip setia masakan saya, hasil percobaan ketigalah yang paling enak dibanding dua percobaan sebelumnya.

O ya, belajar dari tiga percobaan yang saya lakukan, sebaiknya pastry segera digunakan setelah 10-15 menit dikeluarkan dari freezer karena kondisi pastry paling mudah untuk dibentuk dan hasil lipatannya menjadi lebih bagus. Pada foto diatas, puff pastry yang saya pakai sudah terlalu lama didiamkan di suhu ruang sehingga pas dilipat lumayan susah dan bentuk molennya menjadi kurang cantik. 

Untuk pisang molen coklat, proses pembuatannya sama, hanya saya ganti potongan keju dengan coklat meises, begitupun dengan taburan diatasnya.

Tertarik untuk mencoba resep pisang molen keju super gampang dan enak dari Alaska ini? :) 

6 comments:

  1. ooh ternyata gitu ya cara bikinnya, cobain bikin ah kapan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang banget deh mbak Lid, bahkan untuk saya yang gak jago masak ini, hehehe...

      Delete
  2. waahhh aku suka banget molen pisang. apalagi klo masi anget2 wangi mentega, keju, coklaaatt mmmhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Vera, tos dulu dong sesama pecinta molen...berhubung gak bisa beli, jadi deh si molen wanna-be :p...Makasih ya udah mampir dan salam kenal :)

      Delete
  3. Waduh Mbak Pungky, thanks for sharing ya. Aku suka banget pisang bolen gini. Bikin sendiri ah! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduh, kegeeran gini dikunjungi blogger favorit, makasih udah mampir sini Ira :). Sama-sama, sesama penggemar pisang molen kita, hehe...

      Delete