Friday 20 November 2015

Cream Cheese Bread

Horee, satu lagi resep gampang yang saya dapat dari teman pengajian, Pipit namanya. Resep aslinya diperoleh Pipit dari sini. Pipit ini jagonya dapur dan presentasi makanan hasil buatannya selalu cantik dan menggiurkan (ketahuan kalau saya suka mengintip album hasil kreasi dapurnya nih, hehehe...). Sebenarnya dulu sekali, saya pernah sukses bikin roti coklat sekali-kalinya, tapi setelah itu lebih suka buat kue-kue seperti pukis, bolu, dan brownies. Setelah dicoba, resep rotinya Pipit ini gampang (untuk yang bukan jawara dapur seperti saya). Pertama kali praktik, alhamdulillah sukses dan akhirnya ketagihan bikin roti lagi dan lagi...terima kasih ya Pit :)

Roti andalan saya adalah roti sobek isi coklat, keju, dan selai buah. Dari sisi tampilan mungkin kurang cantik, tapi waktu melihat kalau tekstur rotinya mirip sekali dengan roti dari toko, saya puas sekali!

Bahan:
- 250 gram terigu protein tinggi (bread flour)
- 50 gram cream cheese
- 15 gram gula pasir
- 10 gram susu bubuk
- 20 gram butter, suhu ruang
- 3 gram ragi instan (resep asli 2,5 gram - tapi karena timbangan saya tidak berdesimal, jadi saya bulatkan)
- 3 gram garam
- 160 ml air

Bahan isian coklat:
- 30 gr susu bubuk
- 30 gr icing sugar (saya ganti dengan gula halus)
- 2 sdm coklat bubuk diaduk rata
- 2 sdm unsalted butter suhu ruang

Cara membuat:

1. Campur terigu, ragi instan, gula, susu bubuk.
2. Tambahkan cream cheese, uleni.
3. Tambahkan air sedikit-sedikit, uleni, masukkan butter dan garam, tambahkan sisa air. Uleni hingga kalis.
4. Diamkan adonan selama 1 jam, tutup dengan cling wrap
5. Ambil adonan (kira-kira), bulatkan, pipihkan, isi dengan coklat/keju/selai sesuai selera, bulatkan kembali dan susun di loyang. Lakukan sampai semua adonan habis.
6. Tutup kembali dengan cling wrap dan biarkan mengembang selama 1 jam.
7. Olesi adonan yang sudah dibentuk dengan susu cair.
8. Panggang dengan api bawah selama 10 menit 180 derajat dan 10 menit berikutnya dengan api atas (resep asli 12-15 menit).
9. Angkat, sajikan hangat-hangat...yummm...

Percobaan pertama, roti sobek coklat keju


Tekstur rotinya benar-benar membanggakan :D

Roti sobek isi pisang coklat, keju, selai buah

Roti sobek isi mozzarella dan coklat yang dibuat sore ini :)

Hampir mirip S*rir*ti kan? :D

2 comments:

  1. mbak cara nguleni biar gak pegel gimana sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru pakai resep ini gak susah nguleninya mbak Lidya, cepat dan gak pegel..makanya saya ketagihan bikin roti :D

      Delete