Wednesday 25 November 2015

Bandung Bucket List

Genap duabelas tahun saya meninggalkan kota kelahiran tercinta, Parijs van Java alias Bandung, dan pastinya, selalu ada yang baru dari kota yang terkenal sebagai gudangnya orang-orang kreatif/seniman dan tempat-tempat yang nge-hits ini, sampai membuat warga ibukota rela bermacet ria pada akhir pekan demi menginjakkan kaki di Bandung.

Dari sekian banyak daftar tempat yang ingin saya kunjungi, diantaranya ada di Bandung dan belum kesampaian hingga saat ini dan beberapa bahkan sudah diimpikan sejak bertahun-tahun yang lalu :(. 

Kawah Putih

Foto dari sini

Hampir semua orang yang saya kenal sudah pernah menginjakkan kaki di tempat ini kecuali SAYA :(. Mulai dari sekedar jalan-jalan, pengambilan gambar, sampai pre-wedding. Sekali waktu, kami sedang berada di Bandung Selatan dan bermaksud datang ke Kawah Putih, tapi ternyata Kawah Putih sedang ditutup karena belum tercapai kesepakatan antara pihak pengelola dengan pihak penjual yang mengais rezekinya disana. Kali lain, niat kami tertunda karena kandungan belerang kawah sedang tinggi sehingga ada himbauan untuk tidak mengunjungi kawasan Kawah Putih. Rupanya ini yang disebut belum jodoh. Mudah-mudahan lain waktu saya berjodoh datang ke Kawah Putih yang indah.

Dusun Bambu

Dusun Bambu
Foto dari sini

<b>DUSUN BAMBU</b>-LEMBANG (1 Maret 2014) | Jalan Jalan Jeprat Jepret
Foto dari sini

Tahun lalu, beberapa hari setelah Hari Raya Idul Fitri, kami mencoba peruntungan datang ke Dusun Bambu yang belum lama dibuka saat itu. Namun, rencana batal karena antrian masuk kendaraan yang mengular, bahkan sejak dari jalan Kolonel Masturi. Setelah kurang lebih setengah jam mengantri, akhirnya kami menyerah dan mengambil pelajaran untuk mencoba datang lagi kesini dengan sebisa mungkin di luar libur hari raya dan akhir pekan.

Sapu Lidi

Foto dari sini

Duluuu sekali, mungkin sekitar awal tahun 2000, tempat ini pernah saya datangi, tapi penampakannya belum secantik sekarang. Waktu itu hanya ada saung-saung tempat makan dan hamparan padi di sekelilingnya. Beberapa tahun lalu, kantor tempat saya bekerja dulu mengadakan outbond disini, dan tempat ini begitu mengundang untuk didatangi, hanya saja kesempatannya belum ada.

Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha Bandung : Foto : nopanngluyur.wordpress.com
Foto dari sini

Salah satu tempat yang paling ingin saya datangi, terlebih setelah menonton film "Petualangan Sherina". Tahun 2000, saya dan sahabat saya pernah nyaris sampai di Bosscha. Kenapa dibilang nyaris? karena kami sudah sampai di gerbang Bosscha sampai terlihat pengumuman bahwa untuk datang kesini harus terlebih dahulu mengajukan permohonan. Rencana kamipun gagal total dan sampai sekarang baik saya maupun sahabat saya, Aria, belum pernah mencoba lagi untuk datang ke Bosscha.

Menara Mesjid Agung

Masjid Agung Bandung (Sumber foto: http://kubahmasjid.co.id/masjid-raya-bandung-jawa-barat/)
Sumber dari sini

Renovasi wajah Masjid Agung Bandung ini telah membuatnya begitu berbeda. Tidak ada lagi terpal tenda penjual kaki lima menutupi keindahan bangunan masjid, membuatnya terlihat agung. Yang paling ingin saya lakukan adalah naik ke salah satu puncak minaretnya untuk menikmati pemandangan kota Bandung dari atas yang dikelilingi barisan pegunungan, sambil membayangkan Bandung puluhan tahun yang lalu di masa jayanya.

Ada yang punya bucket list serupa? Atau ada yang mau berbagi bucket list tempat yang ingin dikunjungi, siapa tahu menambah ide untuk jalan-jalan :)

2 comments:

  1. Hi mba Pungky
    Nice to read ur blog about Bandung Bucketlist. Anyway kalau blh tau skrg tinggal dimana ?
    Yes dari dulu Bandung emang selalu jadi salah satu kota yang membuat siapapun yang pernah dtg kesana pst akan balik suatu saat.. Saya pun jugaaa..
    Anyway sy pun blm lama tulis tntg buckelist di wordpress saya i hope u can visit karena byk bgt list yg saya tulis disitu..
    Bosscha, hmm itu menarik bgt tp malah kelupaan sy masukin dilist hihi.. Tp mostly yang sy tulis adalah list hotel mba...
    Dusun Bambu jg menarik sekali tempatnya tp mba malah lupa selipin gambar resto gantung signaturenya Dusun Bambu hihi.. Tp banyak jg yg berpendapat makanannya cukup mahal dan ga seenak tempatnya ;)
    Tapi mungkin jg relatif ya mba hehe...
    Btw this is my Bandung Bucketlist ( ohspaceunicorn.wordpress.com )
    Thanks for visiting and give ur comment ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Erlita, terima kasih sudah mampir, salam kenal. Saya tinggal di Bangkok...bucket list Bandungnya udah saya bookmark, apalagi Legok Kondang, menggoda untuk didatangi :), makasih yaa...

      Delete