Tuesday 8 September 2015

Tamasya ke Zooparc de Beauval

Salah satu tujuan kami sewaktu liburan musim semi tahun ini adalah mengunjungi kebun binatang terbesar di Perancis yaitu Zooparc de Beauval, di daerah St. Aignan sur Cher, sekitar satu jam berkendara dari Loches. Menurut adik ipar yang pernah berkunjung ke Beauval, kebun binatangnya besar sekali, kurang lebih seluas 30 hektar, dan yang terutama, tempat ini punya penghuni yang sangat populer, siapa lagi kalau bukan Huan Huan dan Yuan Zi, dua giant panda yang menggemaskan?

Setelah membayar tiket masuk seharga EUR 28 per orang (EUR 22 untuk anak usia 3-10 tahun), kami memulai perjalanan menuju tempat pinguin. Tidak jauh dari pintu masuk, sebuah sungai kecil buatan mengalir memisahkan jalur pejalan kaki dengan arah berlawanan, dinaungi pohon-pohon tinggi dan semak-semak yang hijau rimbun memberikan kesan pengunjung sedang berada di alam terbuka, bukan sekedar kebun binatang. Mengelilingi Zooparc de Beauval ini ternyata memang membutuhkan waktu seharian penuh (pantas saja harga tiketnya lumayan mahal) karena selain banyak spesies binatang yang bisa dilihat, jarak antara satu tempat dengan tempat lainnya relatif jauh dan bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Kamipun hanya mengunjungi beberapa area, menonton pertunjukan singa laut, melewati kandang singa, harimau, gajah, berhenti sejenak di area Afrika mengagumi cantiknya kawanan jerapah dan zebra yang sedang merumput, menengok si panda lucu, diselang makan siang, kemudian dengan berat hati harus menyudahi kunjungan.

Binatang-binatang disini tampak begitu terawat, terlihat dari bulu-bulu hewan seperti singa, harimau yang sehat berkilau. Begitupun dengan kawanan jerapah dan zebra yang tubuhnya besar-besar dan sehat. Singa laut yang kami lihat di pertunjukanpun tampak gempal, bahagia, dan sehat di mata awam seperti saya. Kebun binatang ini memang menyediakan cukup ruang untuk hewan-hewannya sehingga mereka tidak terlihat tertekan berada di ruang sempit seperti umumnya hewan yang sering kita lihat di kebun binatang. Bahkan, ketika kami melewati kandang gajah, 'ruang bermain' mereka begitu luas dilengkapi dengan pintu otomatis penghubung kandang dengan 'ruang bermain' di beberapa sisi berbeda. Seekor gajah disini mengonsumsi ratusan kilo wortel, kentang, dan timun dalam setahun, tidak heran kalau mereka begitu sehat :)

Meski binatang-binatang lainnya sangat menarik, bintang kebun binatang ini tidak lain tidak bukan adalah duo Huan Huan dan Yuan Zi. Memasuki area dengan ornamen khas Cina, di tengah rumput hijau, tampaklah seekor panda yang sedang bersantai, sambil sesekali mencuri pandang ke arah pengunjung, lucuuu sekali! Seekor panda dapat menghabiskan 20 kg batang bambu yang dicerna selama 14 jam dan sisa waktunya digunakan untuk tidur. Panda masuk ke dalam kategori merah dari daftar spesies yang terancam punah versi IUCN (International Union for Conservation of Nature) dengan jumlah sekitar 1,600 ekor saja di alam bebas.

Idealnya, waktu yang dialokasikan untuk mengunjungi Zooparc de Beauval adalah sehari penuh, sambil melihat hewan-hewan sekaligus menikmati asrinya ruang terbuka disini sembari meluruskan kaki sehabis berjalan-jalan. Walaupun begitu, dengan waktu kunjungan yang teramat singkat, kami cukup puas, terutama David yang senang bisa melihat panda dari dekat :)

Area kolam pinguin

Si raja rimba sedang bersantai

Beragam jenis pinguin dari seluruh belahan dunia

Harimau Sumatra bernama Terima, Kasih, dan Batak :)

Savana Afrika yang menawan

Tuh, lihat jerapahnya, cantik-cantik kan?

Bintang Beauval

Ingin dipeluk dan dibawa pulang :D

Cara duduk si panda itu menggemaskan sekali sih!

Waktunya mencerna makan siang :)

Area kebun binatang yang sejuk dan asri

Atraksi singa laut yang menarik

Singa laut yang hupp..melompat dan kemudian diam sejenak layaknya orang berpose :D

No comments:

Post a Comment