Saturday, 22 August 2015

#World Heritage Sites: Maulbronn Monastery Complex

Kompleks Biara Maulbronn menjadi situs Warisan Budaya Dunia UNESCO yang pertama kali kami kunjungi di Jerman pertengahan tahun ini. Maulbronn dianggap sebagai salah satu biara abad pertengahan yang paling terawat kondisinya di seluruh Eropa. Terletak di wilayah Baden-W├╝rttemberg, kompleks biara Maulbronn yang dibangun antara tahun 1147 - 1178 dikelilingi benteng dan menara bergaya campuran Roman dan Gothic. Lukisan yang menghiasi langit-langit ruang depan gereja atau dikenal dengan Paradies yang terakhir kali dibuat pada 1522 sudah tampak memudar warnanya. Apa bedanya bangunan bergaya Roman dan Gothic yang tampak di biara ini? Gaya Roman terlihat pada langit-langit ruangan yang pendek, sedangkan Gothic cenderung diasosiasikan dengan pilar-pilar yang ramping dan langit-langit ruangan tinggi memberikan kesan megah. Di bangunan utama juga terdapat fountain house, yang konon dibangun setelah seekor keledai berhenti di tempat tersebut ketika mencari sumber air untuk minum. 

Dengan tiket masuk EUR 7 per orang, pengunjung bisa mengunjungi seluruh hampir semua bagian biara, lingkungan rumah-rumah disekeliling biara dan juga bagaimana para biarawan membangun sistem pengairan dari sumber air danau yang terletak tidak jauh dari kompleks tersebut. Penjelasan lengkap tentang kompleks biara Maulbronn bisa dilihat disini.

Kunjungan ke situs Warisan Budaya Dunia belum lengkap tanpa mantan pegawainya :p
Bangunan khas Roman dengan langit-langit rendah

Parlatorium dengan langit-langitnya yang menawan

Fountain house

Salah satu sudut Maulbronn








Di musim dingin, api dinyalakan di ruangan ini agar menghangatkan ruang di atasnya

2 comments:

  1. Wah, bagus ya Pung...kapan2 mudah2an bisa jalan2 ke sana...kl ke sini lagi sekalian mampir Aachen yuk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau orang Jerman mah bisa kapan aja jalan-jalannya :)...iya Insya Allah, pengen Dwi, semoga ada rezeki lagi biar bisa jalan-jalan di Jerman yang lama :)

      Delete