Sunday 24 February 2013

#World Heritage Sites: City of Bath

Kota Bath yang cantik saya lewati dalam perjalanan dari bandar udara Heathrow menuju kota Bristol pada bulan September 2007. Dalam rangka menyambut kedatangan mahasiswa baru yang untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di Inggris, mantan pacar (waktu itu) tinggal dan berkemah di dekat kota Bath selama menemani minggu-minggu pertama saya di Bristol. Ketika saya datang, dibawanya saya ke tempat-tempat yang telah ia survei sebelumnya di kota ini.

Sesuai dengan namanya, kota Bath, awalnya bernama Aquae Sulis pada masa pemerintahan Romawi, dibangun antara tahun 60-70. Dibangun oleh bangsa Romawi sebagai tempat pemandian air panas (thermal spa), Bath menjadi salah satu spa town terkemuka di Eropa pada abad ke-18. Harga tiket masuk GBP 7.5 pada tahun 2007 yang relatif mahal untuk mahasiswa seperti saya sungguh sebanding setelah melihat sendiri reruntuhan pemandian jaman Romawi di dalam Roman Baths. Info detil tentang Roman Baths dapat dilihat disini. Selain itu, gedung-gedung indah di kota ini mempunyai gaya arsitektur yang menawan dan megah, menyatu dengan pemandangan alamnya yang indah membuat Bath mempunyai karakter garden city yang kuat *teringat kuliah PL301 Perencanaan Kota :p*. Reruntuhan kota Romawi Aquae Sulis yang terletak di dalam Roman Baths dan Abbey Church dari abad Pertengahan adalah pusat perhatian dari kota ini. Bath juga sempat menjadi pusat produksi wol yang terkenal pada abad Pertengahan.

Kota Bath dapat dicapai dengan kereta api dari London selama 90 menit dari stasiun London Paddington dan tiba di stasiun Bath Spa. Jika Anda berkesempatan mengunjungi wilayah Barat Daya Inggris, jangan lewatkan kunjungan ke salah satu kota terindah di Inggris Raya yang ditetapkan menjadi Warisan Budaya Dunia pada tahun 1987. Jika kebetulan Anda berkunjung pada bulan Desember, cobalah untuk mendatangi Bath Christmas Market yang paling terkenal di wilayah Avon. Ada banyak barang menarik dan aneka makanan lezat yang dijual di acara ini.

Informasi lengkap mengenai kota Bath bisa dibaca disini dan disini. Berikut pemandangan kota Bath yang diambil selama kunjungan dalam kurun waktu 2007-2009.

Abbey Church

Bath Christmas Market

Bath Christmas Market dengan Abbey Church sebagai latar belakang

Roman Bath yang terkenal

Roman Bath

Kolam peruntungan yang penuh dengan koin

Salah satu sudut Roman Bath

Salah satu sudut Roman Bath dengan restoran mewah The Pump Room di bagian atas

Taman kota dengan latar belakang gedung The Empire Hotel


Avon Canal lengkap dengan angsa putih yang sedang bermain

Bersama teman-teman Hodgkin House di depan Royal Crescent

Bath, the World Heritage City

Taman kota

Suasana di depan Abbey Church pada akhir musim panas



Teman-teman PPI Bristol dan penduduk setempat yang sedang mengikuti karnaval

Pulteney Bridge dengan toko-toko suvenir menarik diatasnya

Avon Canal, Bath

Royal Crescent yang indah dan megah

No comments:

Post a Comment