Wednesday 13 February 2013

#World Heritage Sites: Borobudur Temple Compounds

Siapa yang tidak mengenal candi Borobudur? Candi kebanggaan bangsa Indonesia ini begitu terkenal ke seluruh dunia. Kompleks Candi Borobudur mendapat statusnya sebagai Situs Warisan Budaya Dunia pada tahun 1991.

Dibangun antara abad 8-9 pada masa pemerintahan wangsa Syailendra, candi Borobudur yang merupakan candi Buddha ini terletak di Borobudur, Magelang, propinsi Jawa Tengah. Penjelasan lebih lengkap mengenai candi Borobudur dapat dilihat diantaranya disini dan disini.










Candi Borobudur di pagi hari


Teman-teman seperjalanan (kredit foto: Ardito M. Kodijat, 2007)

Kompleks Candi Borobudur menjadi situs Warisan Budaya Dunia yang pertama saya kunjungi di tahun 2007. Di antara teman-teman seperjalanan, hanya saya yang belum pernah mengunjungi candi Borobudur, sehinga kunjungan perdana ini menjadi begitu berkesan, terutama karena kunjungan kami ini bersamaan dengan acara pembukaan pameran yang didukung oleh organisasi tempat saya bekerja ketika itu.

Yang tidak boleh dilewatkan

Mengunjungi desa wisata di sekitar candi Borobudur dan menginap di rumah penduduk desa atau homestay. Kami berkesempatan tinggal satu malam di rumah penduduk di desa Candirejo. Jangan lupa berkeliling desa menggunakan andong, melihat proses pembuatan tahu, gerabah di dusun Klipoh, dan pembuatan soun, kalau saya tidak salah ingat.





Tahu yang telah selesai dibuat menunggu untuk dipotong-potong



Berkeliling desa dengan menaiki andong



Pemandangan Candi Borobudur dari desa sekitar

Menuju dusun Klipoh

Kerajinan gerabah

Proses pembuatan gerabah

Selamat datang di dusun Klipoh


Gerabah yang telah selesai dibentuk

Catatan: semua foto pada halaman ini adalah milik pribadi, kecuali yang disebutkan sumber kredit fotonya.

No comments:

Post a Comment