Saturday 30 January 2016

#World Heritage Sites: Complex of Hué Monuments

Bagian depan Citadel Hue
Pesawat Vietnam Airlines yang membawa kami melintasi jarak sejauh 573 kilometer dari Hanoi dalam waktu 1 jam 10 menit mendarat mulus di Hue sesaat sebelum malam tiba setelah mengalami penundaan selama hampir dua jam. Pernah menjadi pusat pemerintahan dan pusat budaya 13 raja dari dinasti Nguyen selama kurun waktu 1802 - 1945, Hue menjadi saksi bertahtanya dinasti feodal terakhir di Vietnam. Berada di bagian tengah Vietnam, The Complex of Hue Monuments terdiri dari Citadel yang melingkupi Hoang Thanh (Imperial City) dan Tu Cam Thanh (Forbidden Purple City) serta beberapa monumen penting lainnya. 


Monumen-monumen penting yang layak dikunjungi dalam kompleks ini terletak di hulu sungai Perfume (penasaran mengapa sungai ini dinamai Perfume River), diantaranya Thien Mu Pagoda dan tiga mausoleum kaisar-kaisar Vietnam, yaitu Tu Duc Tomb, Minh Mang Tomb, dan Khai Dinh Tomb. Diresmikan sebagai situs Warisan Budaya Dunia UNESCO pada 1993, The Complex of Hue Monuments  merupakan gabungan keindahan alam dan karya arsitektur serta seni budaya Vietnam. Tiket masuk bisa dibeli dalam bentuk paket seharga VND 360,000 untuk kelima tempat tersebut atau dibeli per tempat seharga VND 150,000 untuk Imperial City, dan VND 100,000 untuk masing-masing makam (Tomb).

Satu hari kami lewatkan di kawasan Citadel yang luas. Sebenarnya ada kendaraan elektrik yang bisa disewa guna berkeliling kawasan, hanya saja kami memilih berjalan santai dibawah teduhnya pepohonan untuk menjelajahi kawasan ini. Sedangkan, esoknya kami gunakan untuk mengunjungi salah satu makam, yaitu Khai Dinh Tomb dalam perjalanan menuju Hoi An. Berada di ketinggian, makam dan sekaligus istana kaisar Khai Dinh, kaisar terakhir Vietnam, dapat dicapai setelah meniti kurang lebih 127 anak tangga. Di kedua sisi gerbang masuk menuju makam terdapat duabelas patung penjaga dari batu yang berdiri berbaris dalam posisi takzim.



Sayang, kami tidak mempunyai cukup waktu untuk mengunjungi semua monumen bersejarah di Hue, namun melihat langsung Citadel dan salah satu makam kaisar Vietnam cukup memberikan sedikit gambaran tentang masa jaya kekaisaran Vietnam di masa lalu.



















Sebagian anak tangga menuju makam kaisar Khai Dinh

Patung penjaga di kedua sisi pintu masuk makam




Singgasana kaisar

Kaisar Khai Dinh


No comments:

Post a Comment