Monday 25 November 2013

Perokok = Egois?

Sebagai pengguna setia angkutan umum, hal paling menyebalkan bagi saya adalah ketika didalam kendaraan yang saya tumpangi ada yang merokok. Entah itu sesama penumpang, kernet, atau sopirnya. Kalau sudah begitu, sapu tangan atau tisu kerap menjadi penyelamat untuk saya. Tanpa bereaksi berlebihan, begitu ada yang merokok, saya langsung tutup hidung. Kenapa harus tanpa bereaksi berlebihan? Dari pengamatan saya, ada sebagian perokok di Indonesia yang suka bersikap lebay alias berlebihan. Pernah beberapa kali, saya secara ekstrim menutup hidung gara-gara sesama penumpang di angkutan umum merokok, eeh...kok ya malah asap rokoknya secara sengaja dihembuskan ke muka saya? dan ini bukan hanya sekali, tapi beberapa kali. Saya pun dengan kekesalan segunung hanya bisa memendam kebencian pada si oknum perokok sambil mengeluarkan sumpah serapah dalam hati. Tidak mengubah situasi sih, tapi setidaknya kekesalan saya sedikit berkurang.

Entah kenapa, tapi di negara saya tercinta ini, susah berada di satu tempat yang bebas dari asap rokok, bahkan di ruangan berpendingin udara sekalipun. Di negara-negara lain, para perokok seolah punya etika merokok yang ditaati dan di beberapa negara larangan merokok disertai dengan denda yang lumayan menguras dompet. Di Indonesia, peraturan ada untuk dilanggar, bukan begitu? Rasanya para perokok itu sudah keracunan nikotin akut sampai-sampai membacapun mereka tidak bisa. Contohnya seperti ini:

Perhatikan tanda "area bebas rokok"di papan hijau
Terus, apakah ada petugas yang berkeliling memastikan peraturan dilarang merokok dipatuhi? Hm..kalaupun ada, petugas-petugas yang berkeliaran di fasilitas umum seperti diatas pura-pura tidak melihat. Enggan menegur? takut balik dimarahi? Entahlah.

Saya juga heran, kenapa ya para perokok ini seringkali malah balik marah kalau ditegur, padahal jelas-jelas mereka yang salah? Pernah satu kali, saya sedang mengantri taksi di bandara Don Mueang. Tiba-tiba, tercium oleh saya bau rokok, ternyata ada pria yang merokok di antrian sebelah saya, padahal di tiang tidak jauh dari tempat kami berdiri ada tanda dilarang merokok dan denda THB2,000 bagi yang melanggar. Sayapun bilang pada pria tadi untuk mematikan rokoknya sambil menunjuk tulisan di tiang tersebut. Si pria kemudian buru-buru keluar dari antrian sambil mematikan rokoknya. Dalam hati, saya membatin, di negara orang saya bisa turut menegakkan peraturan, tapi di negara sendiri, belum tentu saya akan melakukan hal yang sama. Kalau mengingatkan turis yang baru datang ke Indonesia, mungkin bisa, tapi kalau mengingatkan sesama orang Indonesia, huh, paling ujung-ujungnya saya yang jadi korban :(.

Satu pertanyaan besar bagi saya, adakah kaitannya efek nikotin dengan penurunan fungsi otak dan mental para perokok ini sehingga mereka tidak punya etika sama sekali dan sangat egois terhadap orang lain yang tidak merokok namun terpaksa menjadi perokok pasif? Bagusnya, para perokok ini masing - masing diberi helm kaca ketika ingin merokok, jadi mereka sendiri yang terpapar asapnya tanpa harus mengorbankan orang lain. Pernah punya pengalaman serupa?

6 comments:

  1. Kl nggak salah jangan mau kalah dong Pung :-) Itu orang yang udah jelas2 salah tp kl ditegor malah balik marah biasanya cuma gertak doang kok, kl dibalikin lagi langsung ciut...gue sering tuh kaya' gitu, negur baik2 loh kok dimarahin balik, langsung hajarrrr, marahin abis2an, kl orangnya berpenampilan (sok) intelek bawa2 deh tingkat intelegensi semacam "susah emang kl negor orang yang nggak ada otaknya" biasanya langsung pada malu ;-) sekalian keluarin semua energi negatif itu orang2 kaya' gitu paling enak dijadiin tumbal...hihihi...lah dia yang menawarkan diri kok, udah salah malah marah2, namanya kan bersedia dijadiin tumbal...huehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana caranya sih Dwi jadi orang yang berani bersuara kalau ngadepin orang-orang nyebelin kayak gitu? Paling sebel kalau udah menghadapi kondisi kayak gini, apalagi kalo sendirian, abis saya gak punya nyali cukup besar kalau ternyata dimarahin balik :( :(..hiks hiks..jadinya makan hati sendiri. .Akhirnya yang sering terjadi, menghindar dari situasi itu atau kalau nggak, ya makan hati sambil ngedumel...sebel! PR banget nih buat diri sendiri yang teramat sangat cemen ini :( :(

      Delete
    2. Gue itu sebenernya juga nggak beranian Pungky...cuma berani kl jelas2 bener...soalnya kl salah tp nyolot menurut gue itu bener2 menawarkan diri untuk jadi bulan2an orang, dan gue takut jadi bulan2an...nah kebalikannya kl ngadepin orang yang salah tp nyolot itu gue nganggepnya ini orang mangsa untuk melepas segala energi negatif, huehehehe...tp liat komennya Amy di bawah jadi mikir juga ya...udah segila itu kah orang?

      Delete
    3. jaman sekarang makin mengerikan emang, makin banyak orang2 aneh di dunia, Dwi. Jadi harus ekstra hati2, orang kesinggung dikit, bukan lagi dukun yang bertindak, tapi lebih parah :(

      Delete
  2. Wah kalo orang Indo sih emang iya mbak.. Berasa entitled gitu buat bikin orang lain ikut penyakitan kena asap rokoknya mereka..
    Kalo orangnya harmless gitu, aku dulu suka negor. Tapi sejak aku baca kejahatan di Indo tuh udh aneh2 kayak nyiram air keras ke orang gak dikenal, kayaknya emang perlu hati hati dalam bersikap di tempat umum deh mbak.. Jadi susah juga sih mau judes / negor perokok yang nyolot gitu..

    Untungnya di Vienna yang ngerokok gak banyak dan pada tau diri sih. Kalo udh separah perokok Jakarta gitu sih, minta digetok bgt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia, jadi ngeri sendiri, mana pada dasarnya saya ini penakut pula, huh...yang ada makan hati deh...:( :(

      Delete