Tuesday 2 April 2013

#World Heritage Sites: Westminster Palace, Westminster Abbey and Saint Margaret's Church

Rasanya siapapun yang berkesempatan mengunjungi kota London tidak akan melewatkan sesi foto dengan latar belakang Big Ben, ikon London yang sangat terkenal, yang merupakan bagian dari Westminster Palace. Pertama kali menginjakkan kaki disana pada bulan Oktober 2007, saya benar-benar terpesona melihat megahnya gedung parlemen Inggris yang terletak di tepi sungai Thames tersebut.

Pemandangan Westminster Palace dari seberang sungai Thames

Westminster Palace yang sekarang dibangun kembali pada abad ke-19 setelah bangunan aslinya yang berasal dari abad ke-11 terbakar. Dulunya, istana kerajaan ini merupakan tempat kediaman resmi Raja Inggris sampai abad ke-16. Sejarah lengkap tentang Westminster Palace bisa dilihat di tautan ini.

Sayang, selain foto-foto seadanya, tidak banyak yang saya dapat ceritakan karena saya tidak mengikuti tur masuk mengunjungi gedung Parlemen dan ketika kembali lagi pada bulan Desember 2007, lagi-lagi tidak berkesempatan memasuki tempat pernikahan keluarga kerajaan Inggris, yaitu Westminster Abbey karena antriannya yang panjang. Waktu itu saya hanya menikmati kemegahan dan keindahan bangunan-bangunannya dari luar saja. Kompleks ini melambangkan sejarah salah satu monarki parlementer tertua di dunia yang masih bertahan hingga saat ini dan berbagai alasan lain dari sisi arsitektur bangunan sehingga dianugerahi status sebagai situs warisan budaya UNESCO pada tahun 1987.

Apabila suatu saat kami mendapat rezeki untuk bisa kembali ke London, saya bercita-cita untuk: 1) mengikuti tur untuk masuk ke dalam Westminster Palace, 2) masuk Westminster Abbey dan Saint Margaret's Church, dan 3) naik sampai di puncak menara Big Ben.



Westminster Abbey tampak depan

Victoria Tower


Elizabeth Tower atau lebih dikenal sebagai Big Ben

No comments:

Post a Comment