Monday 1 April 2013

#World Heritage Sites: Stonehenge, (Avebury and Associated Sites)

Masih ingat koleksi desktop wallpaper Windows XP? Salah satunya adalah foto Stonehenge di Inggris.


Pertama kali tahu tentang Stonehenge, ya dari desktop wallpaper ini, dan saya berkhayal suatu hari bisa pergi kesana. Kekuatan mimpi membawa saya kesana pada suatu hari yang mendung dan gerimis di penghujung September 2007. Alhamdulillah, saya beruntung bisa sampai ke situs yang berada di wilayah Wiltshire, Inggris tanpa perlu susah payah memikirkan moda transportasi dan cara menuju kesana, tentunya karena ada sang pacar (waktu itu) yang mengantar kemana-mana :). Apabila tertarik mengunjungi Stonehenge, informasi lengkapnya ada di situs Stonehenge.

Stonehenge adalah situs prasejarah yang menakjubkan. Bayangkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli, batu-batu menhir raksasa tersebut, yang beratnya bisa mencapai 4 ton dibawa dari berbagai tempat di Inggris, salah satunya dari wilayah Wales melalui jalan air, sejauh kurang lebih 240 km. Susunan bebatuan juga diperkirakan ditentukan oleh ilmu astronomi manusia prasejarah ketika itu. Suatu teknologi yang sangat canggih di masa prasejarah yang sulit dibayangkan oleh akal kita di jaman sekarang. Itu juga salah satu alasan Stonehenge menerima status sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1986.

Sedikit tips pada saat mengunjungi Stonehenge:

1. Menyewa audio guide, sehingga kita memperoleh penjelasan tentang sejarah bagaimana batu-batu raksasa itu tersusun dan beragam cerita dibalik tujuan pembangunannya.

2. Membawa jaket anti air/payung/kacamata, mengingat karena Stonehenge ini adalah situs di udara terbuka dan cuaca di Inggris yang tidak menentu. Jangan sampai kunjungan ke tempat yang fantastis ini terganggu oleh hujan atau terik matahari, meskipun seterik-teriknya matahari disana berbeda dengan terik matahari di Jakarta atau Bangkok :).

3. Stonehenge dapat dikunjungi dalam satu hari, jadi waktu itu, setelah pagi hari dihabiskan untuk menikmati keindahan dan aura misterius Stonehenge, kami menuju kota Salisbury yang klasik sekaligus mengunjungi Salisbury Cathedral yang indah dan megah dari abad ke-12.

4. Nikmati pemandangan khas pedesaan Inggris disekitar wilayah Stonehenge, hamparan rumput hijau sejauh mata memandang, dan kelompok domba-domba dan sapi-sapi yang sedang merumput.

5. Yang paling penting, jangan lupa membawa kamera dan ambil foto sebanyak-banyaknya.

Selamat berjalan-jalan!

Berikut sebagian koleksi foto-foto pribadi yang diambil di Stonehenge:

Stonehenge yang fenomenal


Kehilangan kata-kata ketika melihatnya





Antrian di pintu masuk

"Penduduk" sekitar Stonehenge sedang bersantai

Selamat datang di Stonehenge!


Salah satu sudut kota Salisbury




No comments:

Post a Comment