Saturday 24 September 2016

Suatu Sore di Château de l'Islette

Château de L'Islette (dibaca: syato de lilet) adalah salah satu kastil di kawasan lembah Loire, tidak jauh dari kastil besar nan terkenal Azay-le-Rideau. L'Islette atau dalam bahasa Perancis berarti pulau kecil, disebut-sebut sebagai versi mini dari Azay-le-Rideau merupakan rumah keluarga Pierre-Andre dan Benedicte Michaud selama bulan Oktober - April setiap tahunnya, dan dibuka untuk umum antara bulan Mei - September sementara keluarga Michaud pindah tempat tinggal ke sebuah rumah tidak jauh dari kastil berada.

Dibangun pada 1530 oleh René de Maillé, seorang anggota keluarga bangsawan Touraine yang turun temurun memiliki kastil ini selama 3 abad, l'Islette juga terkenal sebagai tempat kisah percintaan antara Camille Claudel yang kala itu berusia 17 tahun dengan pemahat terkenal Auguste Rodin yang sudah berusia 41 tahun pada abad ke-19. Kisah terlarang antara murid dan guru yang berlangsung selama 10 tahun ini berakhir karena Camille sadar sang guru tidak akan pernah meninggalkan pasangannya demi sang kekasih gelap, sedih ya? :(

Meski berukuran mungil, kastil l'Islette mempunyai ruangan utama atau Great Hall yang indah dan hangat lengkap dengan perapian yang megah. Foto-foto keluarga Michaud, pemiliknya saat ini tampak tersebar dimana-mana. Halaman kastil yang luas dihiasi dengan hamparan kebun bunga mawar dan kandang kelinci di satu sudut menegaskan bahwa kastil ini merupakan kastil hunian. Sungai Indre yang membelah halaman kastil memungkinkan pengunjung menikmati area sekitar kastil sambil mendayung perahu mengikuti alur sungai. Pengunjung juga dapat bersantai dan piknik di atas rumput hijau, duduk di kursi-kursi taman atau kursi panjang tempat berjemur yang banyak terdapat di sepanjang tepian sungai, membuat kastil ini nyaman dan hangat untuk dikunjungi. 

Sungai Indre yang melintasi halaman kastil
Kastil l'Islette
Camille Claudel
Auguste Rodin
The Great Hall
Salah satu kamar tidur anak keluarga Michaud
Kamar tidur utama
Perapian yang mewah
    
 



Kastil ini juga menyewakan kostum untuk anak-anak hingga orang dewasa

No comments:

Post a Comment