Tuesday 20 September 2016

2 Jam di Parlamentarium


Salah satu tujuan jalan-jalan kami sewaktu di Brussels, Belgia saat liburan musim panas tahun ini adalah Parlamentarium. Apa itu Parlamentarium? Parlamentarium adalah bagian dari kompleks kantor Uni Eropa, tempat masyarakat umum dapat mengetahui lebih jauh tentang kegiatan Parlemen Uni Eropa, atau lazimnya disebut visitor centre. Di tempat yang tiket masuknya gratis ini, pengunjung bisa menikmati media 3D yang interaktif, disertai foto-foto pendukung sekaligus kesempatan untuk merasakan langsung bagaimana berada di tengah-tengah suasana sidang parlemen Eropa.

Terdapat enam ruangan yang terbagi dalam tiga lantai disini. Ruangan pertama adalah "Tunnel of Voices" yaitu 24 bahasa resmi yng digunakan di Uni Eropa. Turun ke ruangan kedua adalah sejarah Eropa dan berdirinya Uni Eropa 50 tahun yang lalu. Perjanjian-perjanjian penting dan kutipan negarawan Eropa terkenal pada masanya juga terpampang di ruangan ini. Ruangan ketiga bertema "Today and Tomorrow" menceritakan isu-isu yang berkembang saat ini di Eropa dan tantangan yang dihadapi beserta foto-foto anggota parlemen saat ini sebanyak 751 orang. Ruangan keempat dengan tema "United in Diversity" mengangkat kegiatan-kegiatan yang dilakukan di sebanyak 28 negara anggota Uni Eropa. Ruangan kelima dirancang sedemikian rupa menyerupai ruang sidang parlemen dengan layar di sekeliling kita yang menampilkan suasana sidang sesungguhnya di Strasbourg dan Brussels, ruangan yang paling menarik menurut saya. Bagaimana tidak menarik? di ruang tersebut, kita menyaksikan langsung (via layar tentunya) bagaimana para anggota parlemen mengemukakan pendapat, setuju atau tidak terhadap suatu bahasan topik, sementara kita duduk di ruangan yang sama menyaksikan mereka bekerja. Ruangan terakhir adalah tentang "Daily Life" yang amat sangat nyaman dengan sofa-sofa besar dan empuk dilengkapi monitor untuk menyaksikan testimoni masyarakat Eropa terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat oleh Parlemen.

Brexit tentunya menjadi isu terhangat disini
Duduk sebagai peserta "sidang parlemen"
Kalau tidak ingat bawa dua anak kecil, rasanya kami bisa duduk berlama-lama disini :)

Parlamentarium menyediakan media hiburan dalam bentuk permainan Luna untuk anak-anak usia 6 - 10 tahun dan Intergalactic Talent Show untuk usia 10-14 tahun. Sementara bagi anak-anak berusia 14 tahun ke atas dapat mencoba permainan Role Play dimana mereka dapat berperan sebagai politisi. Buka setiap Senin pukul 13.00-18.00, Selasa - Jum'at 09.00 - 18.00, dan Sabtu - Minggu 10.00 - 18.00, Parlamentarium tutup setiap tanggal 1 Januari, 1 Mei, 1 November, dan 24, 25, serta 31 Desember.

Informasi lebih lengkap dapat dilihat di www.europarl.europa.eu/parlamentarium#parlamentarium

PARLAMENTARIUM
Willy Brandt building
Rue Wiertz / Wiertzstraat 60
B-1047 Brussels
Belgium

No comments:

Post a Comment