Thursday 13 February 2014

[Little Traveler]: Berkunjung ke Khao Kheow Open Zoo

Tujuan wisata apa yang langsung terlintas untuk dikunjungi begitu punya anak? Kalau untuk kami, jawabannya adalah kebun binatang.

Kebun binatang Khao Kheow yang kami kunjungi kali ini terletak di luar Bangkok, yaitu di daerah Chon Buri, sekitar 1,5 jam perjalanan dari Bangkok. Khao Kheow juga berfungsi sebagai tempat konservasi hewan-hewan di bawah proyek konservasi yang didukung Kerajaan sekaligus sebagai pusat studi dan pengembangan sumberdaya biologis. Kebun binatang ini satu-satunya yang mempunyai lebih dari 8,000 ekor hewan dari 300 spesies yang dibiarkan "bebas". Bebas terbatas dan tentunya hanya untuk hewan-hewan yang tidak masuk kategori buas ya...misalnya seperti kandang singa dan beruang yang kami lewati, tempat tinggal mereka tidak berupa kandang berjeruji besi, tapi menyerupai alam buatan yang dikelilingi pagar listrik.

Tiket masuk ke kebun binatang ini normalnya untuk orang asing adalah THB 300 per orang dan THB 50 per kendaraan, tapi karena kami tinggal di Thailand, maka dikenakan harga lokal yaitu THB 150/orang.

Ada banyak aktivitas yang bisa diikuti di Khao Kheow seperti yang ditawarkan di halaman ini. Setelah makan siang, baru kami mengelilingi area kebun binatang dengan mengendarai mobil. Oia, ada dua restoran di dalam kompleks kebun binatang ini, tapi sebaiknya pilih restoran Green Hills yang terletak tidak jauh dari pintu masuk. Selain lebih variatif, menunyapun ditulis dalam dalam bahasa Inggris sementara restoran yang terletak agak ke dalam hanya mempunyai menu dalam bahasa Thai. Karena siang yang begitu terik dan waktu yang terbatas, kami tidak banyak turun dan berhenti untuk mengambil foto, kecuali di tempat-tempat yang teduh :).

Eld's Deer yang jinak
Burung Unta
Kalau dilihat dari ukurannya, seperti jerapah bapak dan anak
Badak yang salah satunya sedang tidur siang
Afrika dari dekat
Gaur
Ada gajah yang sedang asyik 'ngadem' di kolam di hari yang panas
Gajah-gajah sedang menunggu diberi dedaunan oleh pengunjung

Hanya satu yang saya sayangkan dan tidak setujui, yaitu aktivitas sarapan pagi bersama orangutan. Setelah melihat mereka langsung di habitatnya, saya kecewa kalau orangutan ini di"manusia"kan untuk kepentingan komersial, walau di kebun  binatang sekalipun. Bagaimanapun orangutan ini tinggalnya di hutan dan pekerjaannya bukan untuk menemani manusia sarapan :( :(. Belum terpikir hal yang bisa kami lakukan selain tidak mengambil paket ini dan menyarankan orang lain untuk melakukan hal serupa, yaitu TIDAK mengambil paket sarapan dengan Suriya, si orangutan.

Tips dari saya untuk mengoptimalkan kunjungan ke Khao Kheow, datanglah sejak pagi untuk menghindari cuaca yang tidak bersahabat dan bisa melihat semua area tanpa terlewatkan satupun. Di kompeks kebun binatang yang luas ini ada pula area bermain anak-anak, atraksi pertunjukan binatang pada jam-jam tertentu, peternakan domba, tapi karena panasnya cuaca siang itu, tentu saja kami lebih memilih AC sebagai teman setia. Oia, disini juga ada akomodasi yang kamarnya dibuat seperti tenda-tenda di alam terbuka, namanya Estate Khao Kheow Resort. Kalau ingin pengalaman liburan yang berbeda, menginap di tempat ini bisa juga jadi pilihan. 

Khao Kheow Open Zoo
235 Moo 7, Bang Phra, Sri Racha, Chonburi 20110
Tel: 089-689-6578, 084-427-6523
Website: www.journeytothejungle.com/

Buka setiap hari jam 08.00 - 18.00

No comments:

Post a Comment