Thursday 20 February 2014

[Info] Tempat Makan Halal di Bangkok

Mencari produk berlabel halal di Bangkok tidaklah sulit, tapi mencari tempat makan halal agak susah-susah gampang. Dibilang susah karena tidak semuanya berjarak dekat dari rumah, dibilang gampang karena selain kedai makanan halal selalu ada hampir di semua food court pusat pertokoan, ada beberapa tempat yang mudah dijangkau dari rumah.

Yana Restaurant
Berlokasi di lantai 5 pusat pertokoan MBK, restoran ini menyajikan beragam menu Thai yang lezat. Yang paling saya suka dari restoran ini adalah som tam dan tom yam goong. Nasi biryaninya pun konon enak, tapi saya belum pernah mencoba karena setiap kesana selalu gagal move on dari kedua menu diatas :).
BTS Sukhumvit line: National Stadium

Jimbaran - Bali
Masih di MBK, tepatnya di seberang Yana Restaurant, terletak di dalam food court The Fifth Food Avenue, ada dua kios halal, satu menyajikan menu India dan Arab, satunya lagi kios yang menawarkan menu Indonesia. Oia, kalau berkunjung kesini, jangan lupa pesan jus buahnya yang terbuat 100% buah asli tanpa tambahan gula. Menurut saya, kedai jus disini adalah yang paling enak dari semua kedai jus di food court lain.

Usman Halal Thai Restaurant 
Dengan pemilik yang berasal dari Thailand Selatan, jangan kaget kalau tiba-tiba Anda disapa dengan bahasa Melayu. Menyajikan menu khas Thai, Usman menjadi langganan orang-orang Indonesia yang tinggal atau sedang berkunjung ke Bangkok. Di restoran ini juga dijual pasta tom yum siap pakai untuk dibawa pulang.
BTS Sukhumvit line: Phrom Phong exit 6. Jalan tersingkat adalah jalan kaki masuk dari Benjasiri Park menuju pintu masuk bagian belakang Imperial Queen's Park hotel (lumayan sekalian ngadem), keluar dari hotel, tinggal belok kiri ke gang kecil sampai ketemu papan nama bertuliskan Usman. Kalau naik taksi, tinggal bilang Sukhumvit soi 22 (soi yi sip song) dan berhenti tepat setelah bangunan hotel Imperial Queen's Park.

Al-Hussain Restaurant
Berlokasi di area Sukhumvit soi 3/1, restoran ini adalah salah satu langganan kami. Menu Thai tidak begitu banyak, malahan yang jadi favorit kami disini adalah menu India/Arab seperti parata, nan, hummus (favorit suami), nasi biryani, dan mutton/beef masala yang rasa pedasnya mantap, hmm...jadi lapar deh :). Oya, pada bulan Ramadhan, Al-Hussain menyajikan menu berbuka puasa mulai dari ta'jil, buah-buahan sampai nasi biryani lengkap tanpa bayar alias gratis, asyik kan?
BTS Sukhumvit line: Nana

Saman Islam
Tempat makan yang satu ini terletak di kawasan Chatuchak Weekend Market yang terkenal itu. Turis Indonesia sebagian besar pasti familiar dengan tempat ini. Minggu lalu kami sengaja ke Chatuchak hanya untuk makan siang disini, bungkus terus pulang lagi. Ada macam-macam menu Thai dengan porsi besar, jadi pastikan dulu seberapa besar porsinya sebelum memesan.
BTS Sukhumvit line: Mo Chit.
Masuk dari gate 3, cari soi 24, jalan lurus ke arah clock tower. Nah, Saman Islam terletak tepat di ujung gang sebelum clock tower.

Mrs. Balbir's Indian Restaurant
Saya belum pernah mencoba restorannya, tapi kedainya di basement pusat pertokoan Robinson yang hanya selemparan batu dari rumah menawarkan beragam menu, salah satu favorit saya adalah kuah kari yang dimakan dengan parata.
BTS Sukhumvit line: Asok

Fahana Italian Restaurant
Lokasinya di Rama 9 dan sulit dicapai dengan kendaraan umum kecuali taksi atau naik mobil pribadi. Pertama mencoba, kami langsung suka dengan pizzanya yang tipis mirip pizza asli Italia, bukan semacam pizza gendut seperti di P***a H*t dan pilihan topping pizzanya macam-macam.
Alamat: 939 New Rama 9 Road, Suan Luang, Bangkok 10250. Tel: 0 2369 2366, 0 2718 3557, 0 2369 2367

Kantin KBRI Bangkok
Kadang ada orang yang meskipun sedang berwisata di negeri orang, tetap ingin makanan Indonesia dan utamanya halal. Kalau sedang berada di kawasan Petchburi, Pratunam dan sekitarnya, kantin KBRI bisa menjadi pilihan. Tinggal bilang petugas keamanan kalau kita mau ke kantin, setelah meninggalkan kartu identitas di pos keamanan lapis kedua (bukan petugas yang menjaga pintu masuk), jalan terus sampai ujung mengitari lapangan olahraga, kantin KBRI ada di bagian belakang ujung kompleks.
BTS Sukhumvit line: Ratchathewi
KBRI Bangkok, 600-602 Petchaburi Rd, Bangkok.

Sinthorn Steak House
Akhirnya saya berkesempatan juga mencicipi steak halal di Sinthorn. Restoran ini menawarkan menu steak a la Amerika, Perancis, serta berbagai menu masakan Cina, Arab, dan Thai. Selain restoran steak, ada pula Sinthorn Buffet a la Korea dan Sinthorn Seafood di kompleks yang sama. Siang tadi ketika kami berkunjung, hanya restorannya yang buka dari pukul 11.00 - 23.00, sementara buffet dan kedai sari laut baru buka sore hari pukul 17.00-23.00. Lokasinya di Ramkamhaeng agak sulit dicapai BTS/MRT. Cara termudah adalah menumpang taksi (argo dari area Sukhumvit kurang lebih THB 120-130).
Sinthorn Steak House
3331/2  Ramkamhaeng Road, between Soi 85 and Soi 87, near Lam Sali Intersection,
Huamark, Bangkapi, Bangkok THAILAND  10240  
Tel. ++662-3777322 , +662-3779123-4  Fax. +662 377 4308, +662-9782

Oya, sebenarnya ada beberapa kedai makanan halal di pusat-pusat pertokoan, tapi biasanya tidak semua orang mau makan di tempat yang peralatan makannya bercampur antara kedai halal dan non-halal. Masing-masing orang punya prinsip berbeda yang harus dihargai. Tapi seandainya kepepet atau memang tidak masalah dengan itu, kedai makanan halal juga ada di Platinum Fashion Mall, Siam Paragon, Pier 21 Food Court di Terminal 21 Shopping Mall, dan Foodloft Central Chidlom.

6 comments:

  1. aku lupa deh apa nama restoran adek aku selalu bawa :( lumayan enak sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisikin dong Non, biar bisa dicobain. Deket Platinum bukan? Fareeda atau Mak Yah?

      Delete
  2. Dulu waktu ke Bangkok, aku maksi di pabs tapi bilang sih kalo aku minta halal food. Untungnya ada beberapa orang Thai yang muslim juga barengan aku.
    Terus mereka ojlog-ojlogin aku nyobain sayur pake santen gitu sama kolak pisang. Katanya khas Bangkok.
    Tapi dalem ati aku bilang " yaelah...ini mah sayur lodeh sama kolak pisang. Di Jakarta juga banyak.." hahaha...
    Emang masakan khas Bangkok juga ada ya yang mirip-mirip sayur lodeh gitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak menu harian sini yang mirip-mirip sama menu di Indo, Ndah, cuma bedanya disini banyak pake serai, ketumbar, dan daun jeruk untuk bumbunya, jadi beda dikit rasanya. Hahaha, tau disodorinnya lodeh juga, buru-buru cari menu lain ya, Ndah :) Yang khas kalau menurut saya sih pastinya tom yum goong dan nasi ketan plus mangga untuk dessert.

      Delete
  3. Haiiii Pungky.... seneng deh baca tulisan anda. Boleh gak minta e-mail address-nya? Ada banyak hal yg ingin didiskusikan dgn Pungky (such as : business). If you don't mind kindly pls contact me : anneratna.j@gmail.com.
    Terima kasih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak Anne, terima kasih sudah mampir disini :). Lanjut via email ya...

      Delete