Friday, 27 June 2014

Sukses Membuat Martabak Manis

Sudah sejak lama saya mencoba membuat salah satu cemilan kesukaan, yaitu martabak manis. Tanya mbah Google, dapat resep, mulai dari adonan yang pakai ragi, baking soda, sampai baking powder semua dipraktikkan, tapi selalu berakhir dengan kegagalan. Sampai satu hari, ada teman baik membawa martabak manis ke acara pengajian dan rasanya enak dan lembut. Setelah berbaik hati berbagi resepnya, sayapun langsung semangat melakukan uji coba. Uji coba pertama, karena salah takaran, kurang sesuai dengan harapan. Uji coba kedua, ketiga, dan seterusnya dengan masukan dari si empunya resep membuat hasil martabak manis buatan saya semakin mendekati kemiripan fisik martabak, terutama tingkat kegosongan kulit martabak yang semakin berkurang karena terus menerus belajar menyesuaikan panas kompor, senang! Terima kasih banyak Dede, temanku yang cantik dan baik hatinya :). Martabak manis ini begitu lembut dan "ringan", agak berbeda dengan umumnya martabak manis yang dijual di Indonesia, tapi lebih dari cukup untuk memenuhi keinginan makan martabak manis. Daripada hanya meneteskan air liur setiap kali melihat foto-foto makanan Indonesia, mending coba buat sendiri kan? :)

Nah, bagi yang tertarik untuk membuat sendiri martabak manis di rumah, saya tulis resepnya disini.

Bahan:
1. 250 gr terigu protein sedang/Self-raising flour
2. 1/2 sdt garam
3. 5 sdm gula
4. 1 butir telur, kocok
5. 350 ml air
6. 3-4 tetes baking powder (kira-kira 1/4 sendok teh)
7. Susu kental manis

Cara membuat:
1. Campur terigu, garam, gula, dan telur
2. Masukkan 175 ml air
3. Masukkan baking powder, aduk, sambil masukkan sisa air sedikit-sedikit.
4. Aduk adonan dengan whisker sampai berbusa
5. Diamkan adonan 1 jam di tempat yang sejuk/tidak perlu disimpan di kulkas
6. Tuang adonan di wajan (saya pakai wajan biasa untuk menggoreng) yang telah dipanaskan. Begitu muncul gelembung di adonan, gunakan api kecil (3-4 untuk kompor listrik)
7. Taburi gula dan tunggu adonan matang (wajan tidak ditutup) kemudian angkat
9. Tuangkan sedikit susu kental manis (bila suka) dan martabak siap diisi coklat, parutan keju, atau potongan pisang dan taburan keju seperti favorit saya.

Selamat bereksperimen!

6 comments:

  1. Salah waktu bacanya, saat belum berbuka :P. Walo ga gitu doyan martabak manis teteup aja fotonya menggoda. Etapi klo martabaknya ringan dan lembut siy saya suka, soalnya emang kurang suka ama martabak yang tebal dan padat :). Tak simpen dulu deh resepnya, makasih Pungky sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kikiii...kalo pengen martabak, dirimu tinggal beli, lah saya? bisa kemimpi-mimpi. Ditunggu cerita Sintra, penasaran!

      Delete
  2. Replies
    1. hihihi, keuntungannya bikin sendiri bisa tambah keju sesuka hati, tul gak mbak?

      Delete
  3. Hmmmm looks yummy. Aku pernah nyoba tapi ga ngembang. Will try this recipe. Kayaknya dulu ada yg kelewat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, Novi sih cuzz keluar rumah tinggal beli, niat banget bikin :)...Cobain deh, mudah-mudahan sukses yaaaa...

      Delete