Tuesday 16 August 2016

Banana Bread Praktis dan Enak

Satu lagi resep gampang yang saya dapat dari blognya mbak Ike disini. Mbak Ike ini teman di Bangkok yang jago masak dan tidak pelit berbagi ilmu. Untungnya hampir semua keinginan saat ngidam waktu hamil pertama dulu bisa terpenuhi karena tangan terampilnya mbak Ike. Kembali ke resep, berhubung tadi siang menemukan tiga buah pisang yang kematangan, langsung terpikir untuk membuat Banana Bread.

Bahan:
230 gr terigu all purpose
3/4 cup gula pasir
1 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue (saya pakai baking soda)
1/4 sdt garam
3 butir telur ukuran sedang, kocok lepas
113 gr margarin (saya pakai unsalted butter), lelehkan, dinginkan
400 gr pisang matang (saya pakai 3 buah pisang ukuran sedang), haluskan dengan garpu
1 sdt essence vanilla (saya tidak pakai)
1 sdm susu bubuk (saya tambahkan sendiri)


Cara membuat:
1. Panaskan oven 180 derajat. Siapkan loyang loaf, lapisi dengan kertas roti yang sudah diolesi mentega. Sisihkan.
2. Dalam wadah, campur terigu, baking powder, baking soda dan garam, gula pasir, aduk rata. Sisihkan.
3. Dalam wadah lain, campur pisang, telur, mentega leleh. Aduh rata.
4. Buat lubang di tengah adonan tepung, lalu masukkan adonan cair (no. 3) ke dalam campuran tepung dan aduk perlahan dengan spatula karet, aduk hanya sampai tercampur basah saja.
5. Tuang ke dalam loyang. Panggang dalam oven selama 50-60 menit dengan api atas bawah sampai matang dan kecoklatan. Lakukan tes tusuk.

Beberapa kali membuat banana bread, terbukti resep ini sangat praktis, cepat membuatnya, dan anti gagal. Sekali lagi terima kasih untuk mbak Ike yang sudah berbagi resepnya. Tertarik mencoba?

6 comments:

  1. jadi mau ikutan bikin kalau anti gagal mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua resep yang saya posting disini sudah pernah dipraktikkan oleh amatir dapur seperti saya mbak Lidya, jadi insha Allah anti gagal, hehehe...selamat mencoba :)

      Delete
  2. Salam kenal mbak :)
    Kapan-kapan aku mau nyoba nih. Bahan-bahannya gak terlalu sulit kayaknya. Aku ijin save resepnya ya. Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mbak Waya, saya juga dapat resepnya dari teman dan puas karena gampang dan enak. Salam kenal kembali, terima kasih sudah mampir disini :)

      Delete
  3. Duh, jadi kepengen bikin, tapi ga ngerti gimana ngoprek oven tangkring di rumah hehehhe. Seumur-umur kayanya oven itu cuma dipake buat bikin makaroni schotel saja, setelah itu disimpan rapi di pojokan dapur :(. Padahal doyan banget banana bread dan pengen bikin. Berapa kali mau nyoba tapi akhirnya pisang berakhir dengan bikin smoothies saja hihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajar dong bumil..bentar lagi kan cuti melahirkan :)..ih, mesti coba loh Ki, gampang banget, gak perlu ngeluarin mixer dan pisang kematengan gak mubazir kebuang, bahagiaa, hahaha...smoothie terus kan bosen, bunda ;p

      Delete